Berita TerkiniInfo Kesehatan

Hari Gizi Nasional

Hai Sobat heltiers… ?

Pada peringatan HGN yang ke 61 kali ini, memiliki slogan “Gizi SeimbangRemaja SehatIndonesia Kuat”. Slogan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat tentang kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.

Tema Hari Gizi Nasional 2021 berfokus kepada gizi remaja yang dimana hasil dari Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) 3 dari 10 remaja di Indonesia mengalami anemia atau kekurangan zat darah merah yang salah satu penyebabnya adalah kekurangan gizi karena adanya kurang seimbang dalam asupan makanan. Selain itu, Kementrian Kesehatan RI juga berkomitmen menjadi pilar yang dapat membantu remaja, orangtua serta keluarga dalam memenuhi gizi.

Seringkali anemia dianggap remeh oleh masyarakat terutama remaja. Padahal kekurangan anemia bisa menyebabkan orang-orang menjadi kurang atau bahkan tidak produktif. Kondisi tidak produktif itu selanjutnya dapat menyebabkan remaja obesitas, hingga hipertensi yang memicu timbulnya berbagai macam penyakit tidak menular. Salah satu komitmen yang dilakukan adalah dengan memberikan tablet penambah darah bagi remaja putri usia 16-18 setiap satu minggu sekali.

Waw.. ternyata sebesar itu dampak buruk yang diakibatkan oleh anemia loh heltiers.. Oleh karena itu, remaja putri dengan usia 16 – 18 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi tablet penambah darah.

About author

Articles

Puskesmas Ciptomulyo merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang terletak di Kota Malang, lebih tepatnya di Jalan Kolonel Sugiono VIII/54. Puskesmas Ciptomulyo memiliki 4 wilayah kerja, diantaranya Kelurahan Ciptomulyo, Kelurahan Gadang, Kelurahan Kebonsari dan Kelurahan Bakalan Krajan.