Berita TerkiniCipto Terkini

Pertemuan Tular Vektor

Haii sobat heltiers ??
Petugas Puskesmas Ciptomulyo sedang mengadakan Pertemuan Tular Vektor. Apa itu Penyakit Tular Vektor?Penyakit tular vektor adalah penyakit-penyakit yang berasal dari tular vektor dan merupakan penyakit yang dapat dicegah, seperti Demam Berdarah/DBD.

  

Tujuan dari pertemuan tular vektor ialah untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit Demam Berdarah (DBD) terutama di masa pandemi saat ini.

Pencegahan DBD bisa dengan Geraman Satu Rumah Satu Jumantik yang mencakul PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) & 3M+.Pencegahannya dengan 3M+ yaitu Menguras, Menutup, Memanfaatkan/Mendaur ulang). Plus(+) nya yaitu :

  1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan;
  2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;
  3. Menggunakan kelambu saat tidur;
  4. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;
  5. Menanam tanaman pengusir nyamuk;
  6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;
  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M+ jelas merupakan pencegahan terbaik yang dilakukan sebelum ada kasus, agar bisa meminimalkan dilakukannya fogging/pengasapan dengan insektisida berbahaya. Bagaimanapun, penggunaan insektisida itu merupakan racun bagi manusia, hewan peliharaan, dan lingkungan.
Sasaran pada pertemuan tersebut adalah masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Ciptomulyo.

Saat pelaksanaan kegiatan ini, kami tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta pelaksanaannya dipersingkat.

Ayoo bersama kita berantas jentik dan nyamuk dewasanya dengan 3M+ ?

Salam Sehat, Bugar, Produktif, Ceria dari Puskesmas Ciptomulyo ❤️❤️❤️

About author

Articles

Puskesmas Ciptomulyo merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang terletak di Kota Malang, lebih tepatnya di Jalan Kolonel Sugiono VIII/54. Puskesmas Ciptomulyo memiliki 4 wilayah kerja, diantaranya Kelurahan Ciptomulyo, Kelurahan Gadang, Kelurahan Kebonsari dan Kelurahan Bakalan Krajan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *